Senin, 25 April 2016

Beberapa Cara merawat Laptop: ASUS

Beberapa cara untuk merawat Laptop:
cara merawat laptop agar awet  ada 7 tips umum yang memang sering di gunakan, tapi masih terbukti ampuh efeknya. Berikut ini adalah  cara merawat laptop agar tidak cepat rusak :

1.      Bersihkan CPU Komputer
Bila computer Anda mau terus awet, bersihkanlah PC computer dengan teratur optimal dalam periode 6 bln. sekali. Lantaran bila CPU Anda tak dibikin bersih, kotoran debu dalam CPU bakal menumpuk serta bakal beresiko pada rusaknya pada temperatur atau suhu pada computer Anda. Langkahnya dengan buka casing PC lalu bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral yang lain. Pembersihan dapat memakai sikat halus (kuas cat). Kerjakan ini sepanjang enam bln. sekali.

2.     Janganlah Pakai Internet Waktu Hujan Lebat
Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Di kuatirkan bila Anda memakai internet pada computer Anda sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan computer bakal tersambar petir serta ini bakal beresiko pada computer Anda nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.


3.     Aktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan sistem restore juga sangatlah punya pengaruh untuk computer Anda supaya tak gampang rusak. Langkahnya dengan click kanan pada icon my desktop computer, lantas click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lantas menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.

4.    Matikan Computer Sesuai sama Ketentuan
Janganlah pernah mematikan computer lewat cara yg tidak lumrah seperti segera mencabut kontak listrik pada computer. Teraturlah mematikan computer dengan memakai shutdown. Pakai stavolt untuk hindari mati listrik mendadak. Atau bila anda terlampau lama memakai computer restart lah terlebih dulu, agar seluruhnya sistem computer kembali normal. Umumnya bila terlampau lama dipakai sistem computer bakal melemah.


5.     Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai
Umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat hingga harddisk bakal cepat rusak. Umumnya bakal nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport bakal hal yang seperti ini.

6.    Cermati Ventilasi serta Pendingin Komputer
Ventilasi yang kurang baik bakal mengakibatkan panas yang terlalu berlebih hingga bisa bikin komponen computer bakal cepat panas hingga bakal memperpendek umur komponen itu. Oleh karena itu upayakan jarak pada computer serta dinding minimum 40CM. Supaya tambah baik lagi, Anda dapat measang AC didalam ruang serta pakai cooling fan ekstra didalam CPU.
7.     Gunakan Kabel Ground
Bila casing computer waktu disentuh ada aliran listrik, ambillah kabel dengan panjang sekedarnya. Ujung satu dikaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedang ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yg “nyasar” hingga bisa bikin komponen elektronik lebih awet.



Cara cara diatas merupakan beberapa cara yang umum buat laptop. Berikut ini tambahan cara merawat laptop ASUS  agar awet dan tahan lama


Bagi yang memiliki LaptopTentunya harus diperhatikan dengan baik bagi pengguna merek tersebut. Sebenarnya cara perawatannya terbilang sangat sederhana, sehingga lebih mudah diaplikasikan. Dengan catatan Anda rajin menerapkannya, sehingga cara perawatan terasa lebih muda. Agar laptop Asus Anda lebih awet dan kinerjanya tetap bagus, apa saja yang harus dilakukan?

Membersihkan paparan debu
Paparan debu, noda dan kotoran lainnya sangat mudah terjadi pada laptop. Debu sangat mudah melekat pada layar, keyboard dan bagian lainnya yang cenderung terbuka. Cara ini membuat laptop lebih terlihat bersih dan mencegah terjadinya penyumbatan pada kipas pembuangan yang terdapat pada laptop. Sebaiknya lakukan cara ini seminggu sekali dengan memakai kuas halus di bagian keyboard. Sedangkan untuk layarnya bisa memakai kain lembut dan kering.
Jangan melepas baterai laptop
Biasanya karena menggunakan daya listrik untuk mengoperasikan laptop, maka akan melepas baterai. Padahal cara ini keliru, karena listrik bisa saja mati mendadak. Kondisi ini sangat berbahaya bagi komponen laptop. Kondisi ini terutama sangat merugikan mainboard dan harddisk. Jadi sangat disarankan tetap memasang baterai laptop, meskipun Anda menggunakan daya listrik. Sehingga saat listrik mati mendadak, maka kondisi  berbagai  komponen laptop masih bisa terjaga keawetannya. Jadi sangat penting untuk memperhatikan metode perawatan laptop Asus.
Jangan menaruh barang berat di atas laptop
Kebiasaan ini seringkali dilakukan dengan menaruh buku, smartphone dan barang lainnya. Padahal tindakan ini bisa mengakibatkan kerusakan apda layar LCD. Memang dampaknya tidak akan dirasakan langsung, tapi kalau sudah sering dilakukan maka kerusakan secara perlahan akan terjadi. Pada tahapan awal atau ringan biasanya akan muncul garis-garis halus. Tapi lama kelamaan akan menjalar menjadi kerusakan yang semakin parah.
Jangan menaruh laptop di tempat lembut
Kasur memiliki permukaan yang lembut dan seringkali dijadikan alas saat menggunakan laptop. Kebiasaan ini sangat tidak bagus, karena ketika laptop nyala maka udara panas akan keluar. Hal itu dikarena harddisk, prosesor dan komponen lainnya bekerja dan bisa menghasilkan panas. Sehingga laptop membutuhkan pembuangan udara panas dengan memadai.
Kalau menaruh laptop di permukaan lembut, ketika sedang nyala tentunya tidak bagus. Karena udara panas pada laptop, sangat sulit untuk bisa keluar. Sehingga bisa mengakibatkan prosesor bisa lebih cepat menjadi panas. Kalau kebiasaan ini berlangsung, maka prosesor dan komponen lainnya akan cepat mengalami kerusakan.
Menghindari laptop dari perangkat elektromagnetik
Metode perawatan laptop Asus ini sangat penting, karena getaran dan juga perangkat elektromagnetik, seperti pada pnsel, speaker dan sebagainya bisa memicu kerusakan pada laptop. Jadi jangan pernah menaruhnya berdekatan dengan berbagai peralatan elektronik.
Selalu memperhatikan suhu ruangan
Suhu panas yang terlalu berlebihan pada laptop bisa mengakibatkan kerusakan pada berbagai komponen laptop. Maka sangat penting untuk selalu menjaga laptop tidak terjadi kepanasan. Untuk mencegahnya maka Anda bisa menggunakan cooling pad. Sehingga hawa panas bisa diredam dengan baik.
Menggunakan antivirus yang ampuh
Metode perawatan laptop Asus ini berhubungan dengan software. Semakin banyak virus di dalam laptop maka sangat mengganggu kinerjanya. Karena performa laptop menjadi sangat lambat. Kondisi ini akan mengakibatkan kinerja prosesor semakin berat.  Ketika akan membuka berbagai aplikasi, apalagi dalam jumlah melebihi dari satu dengan bersamaan. Kalau terjadi berkepanjangan, maka kerusakan prosesor bisa saja terjadi.
Itulah beberapa metode perawatan laptop Asus yang bisa diterapkan. Agar lebih awet dan performanya tetap bagus. Kesibukan harian memang terkadang menjadi kendala untuk bisa melakukan perawatan dengan rutin. Tapi setidaknya menyempatkan seminggu sekali, paling hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar