Senin, 09 Mei 2016

Contoh Paragraf Induktif,Deduktif dan Deduktif-Induktif

Contoh Paragraf Deduktif- Induktif
Pada dasarnya manusia tidak bisa menolak teknologi zaman sekarang ini. Karena kita dituntut untuk cepat,update,dan tepat. Dengan zaman yang sekarang sangatlah wajar jika semua manusia membutuhkan alat-alat komunikasi canggih untuk mengimbangi kebutuhan sekarang ini termasuk penggunaan gadget yang sudah tidak dibatasi umur lagi. Hampir semua kalangan memilikinya, tak terkecuali anak anak. Ituah perlunya penanganan ketat oleh orangtua buat anak anak mereka.



Contoh Paragraf Deduktif
Tikus adalah musuh petani yang sangat merugikan. Berpuluh-puluh hektar lebih sawah di berbagai daerah mengalami gagal panen disebabkan padinya dimakan tikus.Tanaman lain seperti singkong pun tak luput menjadi korbannya, bahkan buah petai cina yang sudah tua juga habis digerogoti binatang ini. Tak hanya itu saja bahkan binatang ternak seperti ayam dan bebek pun juga diserang tikus.


Contoh Paragraf Induktif
Bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa saja, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman langsung di tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk membuat sistem hidroponik memang agak mahal, tapi ini bisa diakali dengan menggunakan bahan-bahan bekas disekliling. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar