Jumat, 22 April 2016

KARANGAN, KUTIPAN LANGSUNG &TIDAK LANGSUNG(TUGAS 2)

KERANGKA KARANGAN

Topik: Gadget
Thema: Tips Memilih kado Gadget yang tepat buat buah hati

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Anak-anak jaman sekarang sangat akrab dengan gadget. Sungguh berbeda dengan kita ketika masih kecil. Mereka dapat mengoperasikan hampir semua isi gadget mulai dari kamera, browser, hingga aplikasi-aplikasi game dan media sosial tanpa canggung. Seringkali anak pun meminta hadiah dalam rupa gadget seperti smartphone dan tablet di momen-momen seperti ulang tahun atau kenaikan kelas. Tapi bijaksanakah jika orang tua menurutinya? Sebenarnya boleh-boleh saja, karena gadget tidak selalu memberi dampak buruk pada anak-anak asalkan penggunaannya tidak berlebihan dan disertai pengawasan orang tua. Selain itu orangtua juga wajib selektif memilih gadget seperti apa yang pas untuk si buah hati.

1.2. Rumusan Masalah
          1. Apakah dampak yang terjadi jika orangtua salah memilih gadget pada anak?
          2. Bagaimanakah jenis Gadget yang cocok pada anak?

1.3. Batasan Masalah
          Karangan ini hanya membahas jenis dari Gadget itu tanpa menyinggung harganya.

1.4. Tujuan Penulisan
          1. Orangtua memiliki referensi gadget yang cocok untuk anak
         

1.5. Metode Penelitian
Berpikir secara langsung dengan topic yang akan dibahaBerpikir secara langsung dengan topic yang akan dibahas.
BAB 2 LANDASAN TEORI
  Begitu banyak gadget dari berbagai merek yang tersedia di LOGO pasar. Begitu juga model dan fiturnya, sangat beragam. Orangtua dituntut cerdas memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan anak. Untuk anak-anak, orang tua tentu tidak memerlukan gadget rumit, punya fitur premium, dan berharga selangit. Sebagai tips, pilih gadget yang sederhana, terjangkau, namun tetap punya canggih yang dapat mendukung edukasi anak. Tidak hanya memenuhi kebutuhan bermain. Seperti Evercoss Winner Tab S3. Tablet dengan layarnya akan memperkuat fungsi 'sharing' antara anak dan orangtua. Anak tidak sibuk sendiri dengan gadget melainkan dapat mengakses konten-konten dalam tablet bersama orang tua dengan nyaman. Sebaliknya orang tua punjadi lebih mudah mengawasi konten apa saja yang diakses anak.



BAB 3 PENUTUP
          Kesimpulan
Evercoss Winner Tab S3 adalah Gadget yang cocok dalam memacu anak-anak dalam belajar. Evercoss dengan segala kelebihannya dan tidak membuat waktu orangtua dengan anak berkurang malah semakin banyak, karena orangtua juga bisa mendampingi anak dalam belajar.
Kutipan Langsung

“ kurang tidur dapat menyebabkan [1] daya tahan tubuh melemah. Dengan daya tahan tubuh yang menurun maka dapat lebih mudah terserang penyakit oleh virus dan juga bakteri serta patogen lain. [2] kurang tidur juga dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Hal ini karen awaktu istirahat menjadi berkurang, sehingga berdampak pada performa sehari-hari, seperti rasa ngantuk, lemas, lunglai. [3] tidur kurang dari enam jam dapatmeningkatkan resiko penyakit kanker. Pada saat tidur [dalam kondisi gelap] tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membantu meningkatkan daya imun.  [4] kurang tidur meningkatkan resiko penyakit diabetes. Hasil penelitian menunjukkan, seseorang yang kurang tidur mengalami resistensi insulin. Sehingga insulin tidak dapat dan dapat memicu penyakit diabetes. [5] kurang tidur dapat menyebabkan stroke. Orang yang kurang tidur memiliki resiko terserang empat kali lebih tinggi dibanding orang yang cukup tidur. [6] kurang tidur dapat memicu kegemukan. Hormon leptin yaitu hormon yang mengontrol nafsu makan akan berkurang sehingga membuat nafsu makan meningkat.” 


KUTIPAN TAK LANGSUNG
Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yangdikatakan penulis. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 1# )
——————————————————-
Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf, 1983:3). ( Contoh kutipan Tidak Langsung 2# )



https://gerryghost.wordpress.com/2013/03/22/kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar