Selasa, 21 April 2015

Review Interaksi Manusia dan Komputer


Review tentang Interaksi Manusia dan Komputer(IMK)

Interaksi Manusia dan Komputer atau bisa disingkat dengan IMK adalah bagaimana manusia bisa berinteraksi dengan komputer sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna. IMK juga adalah apa yang terjadi saat manusia dan komputer menyelesaikan suatu masalah (AKTIVITAS)

IMK adalah study tentang manusia, teknologi komputer dan cara mereka saling berinteraksi . IMK Hal ini membutuhkan pemahaman tentang 3 hal, yaitu :
1. Teknologi komputer
2. Manusia yang berinteraksi dengannya
3. apa yang di maksud dengan lebih berguna (more useable)

1. Interaksi Manusia dan  Komputer memiliki fungsi secara umum, yaitu:
  •   Mempelajari bagaimana Interaksi dari komputer ke user
  •   Bagaimana sistem atau aplikasi tersebut dibuat untuk memenuhi tugas manusia
Unsur-unsur yang berhubungan dengan Interaksi Manusia dan Komputer:
1.      Psikologi
Psikologi yang dimaksud disini tentang memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna. Bagaimana suatu aplikasi itu bisa dipahami oleh user.

 2.      Ergonomi
Ergonomi secara umum  adalah ilmu yang mempelajari mengenal sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja,sehingga sistem itu dapat bekerja baik yang membentuk kondisi efektif,aman,sehat,nyaman dan efisien. Ergonomi dalam IMK ini umumnya mencakup perilaku user. Contohnya: User yang memiliki keterbatasan khusus memiliki beberapa panduan yang sangat detail sampai user tersebut mengerti dalam menggunakan aplikasi. Jadi dalam membuat aplikasi wajib memberikan pelayan yang baik dan nyaman bagi usernya dengan mempertimbangkan kebutuhan user itu sendiri.

3.      Bisnis
Unsur yang satu ini lebih ke nilai jual suatu aplikasi dipasaran. Suatu aplikasi dikatakan memiliki nilai jual jika memiliki isi yang padat, lay out yang bagus,menarik,dll. Jika sudah memiliki hal itu maka aplikasi bisa jadi untung buat pembuatnya.   

4.      Desain
Aplikasi yang memiliki desain yang menarik pasti akan memiliki nilai jual yang patut dpertimbangkan di pasaran. Namun terkadang ada aplikasi yang memiliki desain yang berlebihan, hal seperti itu kadang yang membuat aplikasi itu ‘lemot’ karena kebanyakan desain yang sebenarnya tidak terlalu penting dan itu akan membuat user malas membukanya isinya sudah amat padat.

5.      Sosiologi
Sosiologi dalam IMK ini mencakup interaksi pembuat aplikasi dengan user. Biasanya dilihat dari bahasanya yang sopan dan tidak memihak, isinya tidak mengandung hal-hal yang berbau negatif atau kejahatan yang membuat user ‘gerah’ untuk melihat sebaiknya gunakanlah bahasa yang sopan dan ramah dengan user.


2. Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer
Secara garis besar tujuan IMK ini adalah:
  •   Memberikan kesadaran pada user bahwa mudah menggunakan aplikasi dan kegunaannya juga banyak dalam mempermudah pekerjaan manusia dan menambah informasi yang diperlukan user.
  •   Kritik design  biasanya  diberikan user kepada pembuatnya dilihat dari layoutnya,warna yang digunakan dan gambar gambarnya yang menarik
  •  Aplikasi yang baik itu biasanya  aman diakses orang berkepentingan tidak sembarangan orang bisa menggunakannya .selain itu apakah aplikasinya efektif,gambar gambarnya apakah upto date? Sesuaikah layout yang ada di aplikasinya dengan isinya? Ataupun yang lainnya.

IMK sendiri juga memiliki beberapa keuntungan yaitu:

Keuntungan IMK

1.    Kemudahan belajar bagi user
IMK membuat user belajar dengan mudah karena bahasnya mudah dimengerti oleh user dan sumber yang ada dapat menambah wawasan user.

2.    Kecepatan tinggi tugas pengguna
Dalam melaksanakan tugasnya dengan IMK, user akan lebih cepat menyelesaikan tugasnya.

3.    Tingkat kesalahan pengguna rendah
Karena IMK yang sudah friendly dengan user maka tingkat kesalahan user rendah.

 Ada2 kesalahan fungsian umum IMK:
Ø  Mengansumsikan bahwa semua pengguna  Aplikasi sama.
Kadang pembuat aplikasi menganggap bahwa semua user sama tidak mmberikan panduan khusus buat user yang memiliki keterbatasan.

Ø  Mengansumsikan bahwa semua pengguna seperti designer
Tidak semua user mengerti tentang desain-desain suatu aplikasi, terkadag mereka hanya mengerti cara mengambl informasinya

Dalam pengelolaannya IMK juga menerapkan prinsip untuk mengoptimalkan kegunaan aplikasinya yang membahas ketersediaan manusianya dan kemampuan manusianya

  •  Use ability principle : prinsip kegunaan pada aplikasi.
1.    Human ability (ketersediaan manusia)  
--à yang baik: berkapasitas tak terbatas dan kemampuan tinggi        -àyang buruk: kapasitas terbatas dan pengolahan lambat

2.    Human capability à kemampuan manusia yang menggunaka aplikasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar